Tips Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes


merawat kaki CiriCara: Cara Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes 
Tips/Cara Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes Seseorang yang menderita diabetes bisa menyebabkan masalah pada kakinya. Permasalahan yang terjadi pada kaki tersebut, seperti luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, infeksi bakteri atau jamur, dan yang paling para adalah pembusukan.
Hal tersebut disebabkan karena aliran darah yang buruk dan kerusakan saraf. Untuk mencegah terjadinya masalah pada kaki tersebut, penderita diabetes harus mengendalikan kadar gula darah seoptimal mungkin dan berhenti merokok.
Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk selalu merawat kakinya. Dilansir Meetdoctor.com, inilah cara merawat kaki bagi penderita diabetes:

Berikut  Tips/Cara  Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes  :

1. Yang Pertama Periksa kaki setiap hari

Anda harus memeriksakan kaki setiap hari. Lihat apakah terdapat bengkak, perubahan warna, nyeri atau retak pada kulit. Jika mengalami hal tersebut, maka segeralah minta bantuan kepada dokter.

2. Yang Kedua Rajin membersihkan kaki

Para penderita diabetes disarankan untuk selalu membersihkan jari-jari kaki. Sebab, penderita diabetes memiliki kecenderungan kaki mudah lecet dan infeksi di antara jari-jari kaki. Setelah membersihkannya, Anda bisa mengeringkannya dengan cara menepuk-nepuk perlahan dengan handuk dan ingat jangan menggosoknya. Jika terdapat masalah kulit, seperti kering, bersisik, pecah, pecah, dan kutil, maka segera konsultasikan pada dokter.

3. Yang Ketiga Mencuci kaki dengan air hangat

Gunakan air hangat dan sabun antiseptik setiap kali Anda mencuci kaki. Rendam kaki selama 5-8 menit saja. Perlu Anda ketahui bahwa perendaman terlalu lama akan mengakibatkan luka sulit sembuh. Setelah itu, keringkanlah dengan menggunakan handuk.

4. Yang Keempat Memakai sepatu yang tepat

Hindari menggunakan sepatu yang terlalu ketat. Pakailah sepatu yang ukurannya tepat dan dapat diikat dengan tali. Hati-hati saat memakai sepatu, pastikan tidak ada sesuatu dalam sepatu saat memakainya. Selain  itu, bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak memakai sandal atau sepatu sepanjang hari.

5. Yang Kelima Gunting kuku dengan teknik yang benar

Jika ingin menggunting kuku, maka lakukanlah dengan teknik yang benar. Potonglah kuku setelah mandi di mana kuku menjadi lebih lembut. Hindari memotong kuku terlalu pendek. Jika kuku terasa nyeri atau sulit dipotong, maka segeralah hubungi podiatris (dokter ahli kaki).

Demikian Tips/cara  Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes  Di blog Bersatu Semoga bermanfaat bagi pembaca.

You Should Also CheckOut This Post



0 komentar:

Posting Komentar

galaxygame29.blogspot.com